Mendeteksi Keinginan Konsumen Dalam Industri Pertanian


Abstract views: 138 / PDF downloads: 1040

Authors

Abstract

Memperoleh pasar adalah syarat keberhasilan suatu usaha di sektor pertanian. Namun untuk mencapainya tak mudah. Dibutuhkan berbagai strategi tepat untuk menembusnya. Misalnya saja mendeteksi apa yang diinginkan oleh pasar.Untuk bisa memahami apa yang dimaui pasar atau konsumen, ada 3 pendekatan yang bisa dilakukan. Pertama, cara kita melayani pasar yang sudah ada atau istilahnya to serve the market. Artinya, kita memenuhi permintaan pasar yang selama ini telah beijalan. Jika yang diminta jenis A, B, C, D dengan kualitas tertentu, yah kita cukup menyediakannya sesuai pesanan. Misalnya saja berbagai jenis sayuran tradisional, seperti kentang, kol, wortel, dan sebagainya.Kedua, memperkenalkan atau menawarkan sesuatu yang sama sekali baru ke konsumen—to create the demand. Produsen menciptakan pasar baru yang belum pernah dikenal konsumen. Contohnya, sekitar tahun 1980-an masyarakat hanya mengenal jagung biasa sebagai sayuran. Kemudian saya mencoba memasukkan jagung manis sebagai pilihan baru. Ternyata konsumen menanggapinya secara positif, dan saat ini komoditas itu sudah menjadi suatu kebutuhan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Yudi Anto

Yudi Anto has worked in the Agriculture industry for 8 years, gaining experience in agriculture, forestry, livestock and gardening. As a seasoned Editor, he is passionate about  Business & Industrial, Agriculture & Forestry and Gardening & Landscaping. In addition to Agriculture, he is also involved in livestock . Outside of the office, Yudi Anto enjoys Agriculture and farming.

Downloads

Published

2018-12-22

How to Cite

Anto, Y. (2018). Mendeteksi Keinginan Konsumen Dalam Industri Pertanian. International Journal of Economics and Financial Issues, 3(3). Retrieved from https://econjournals.com/index.php/ijefi/article/view/12741

Issue

Section

Articles